Sambut Mahasiswa Baru 2019, Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI Berikan Tips Keterampilan Dasar Mahasiswa

Nino Eka Putra ~ Humas FEB UI

DEPOK – Dalam menyambut tahun ajaran baru 2019–2020, Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI menggelar Penyambutan Mahasiswa Baru Ilmu Ekonomi S-1, S-2, dan S-3 Semester Gasal yang berlangsung di Auditorium Soeria Atmadja, pada Sabtu (24/8/2019).

Mahasiswa pada Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI tahun ini secara keseluruhan berjumlah 403 mahasiswa. Terdiri dari Jenjang Sarjana (S-1), yaitu Ilmu Ekonomi sebanyak 118 mahasiswa, Ilmu Ekonomi Islam sebanyak 45 mahasiswa, mahasiswa Ilmu Ekonomi KKI sebanyak 40 mahasiswa. Selain itu, Jenjang Magister (S-2), yakni MPKP sebanyak 104 mahasiswa, MEKK sebanyak 25 mahasiswa, dan Jenjang (S-2) Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) sebanyak 67. Dan terakhir, Jenjang (S-3) Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) sebanyak 4 mahasiswa.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan terkait pengenalan Departemen dan Program Studi, seperti sistem akademik, staf & pimpinan, peraturan, fasilitas serta keunggulan yang disampaikan oleh Ketua Departemen Ilmu Ekonomi dan masing-masing Ketua Program Studi (S-1) Ilmu Ekonomi, Ilmu Ekonomi Islam serta Ilmu Ekonomi KKI. Kemudian, Program Studi (S-2) MPKP, MEKK, serta S-2 & S-3 PPIE. Barulah dilanjutkan pemaparan terkait fasilitas layanan Pusat Sumber Belajar (PSB), fasilitas & infrastruktur (Fastur), fasilitas sistem & teknologi informasi, dan laboratorium Ilmu Ekonomi.

Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI, Teguh Dartanto memaparkan bahwa keterampilan dasar bagi mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI, yaitu 5 nilai dasar (resilience, adaptivity, integrity, competency, dan continuous improvement), keterampilan masa depan, pemikiran inklusif & integratif & komprehensif, open minded & exploring new things, pembelajaran lintas generasi, communication skills. Kami memberikan pelajaran yang tidak ada di google, karena kita membangun kompetensi bukan hanya knowledge saja.

Mahasiswa FEB UI khususnya Departemen Ilmu Ekonomi harus mampu mengubah nostalgia & romantisme kebesaran masa lalu dan kejayaan masa sekarang menjadi sebuah kerja bersama untuk perubahan besar di masa mendatang. “Mahasiswa adalah fokus kami. Maka, relasi dosen dan mahasiswa adalah setara, jika kalian ada keluhan dan komplain silahkan menghubungi prodi atau departemen, bertemanlah sebanyak-banyaknya, no descrimination, no radicalism, no power harassment,” tutupnya.

Penyambutan Mahasiswa Baru Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) Tahun Ajaran 2019-2020

Penyambutan Mahasiswa Baru PPIE FEB UI ini berlangsung di ruang 401-403, Gedung Pascasarjana. Dibuka oleh pemaparan dari Sugiharso Safuan selaku Ketua Program Studi S-2 & S-3 PPIE terkait pengenalan Program Studi PPIE, seperti sistem akademik, staf & pimpinan, peraturan, fasilitas serta keunggulan.

Kemudian, alumni PPIE FEB UI berbagi pengalaman selama menempuh pendidikan. Di antaranya, testimoni dari alumni S-2 Linkage PPIE angkatan 2016, alumni S-2 Reguler PPIE angkatan 2017, dan alumni S-3 PPIE angkatan 2013.

Alumni S-2 Linkage PPIE angkatan 2016, Rizky Fitria mengatakan bagi saya saat keterima di PPIE FEB UI membuat hati berdebar, karena melihat reputasinya yang sangat bagus di dalam maupun luar negeri. Sementara itu, selama studi di sini, lingkungannya sangatlah mendukung untuk akademis maupun kegiatan lainnya.

“Tip & trik dari saya selama masa studi di sini, yakni belajarlah dengan sungguh-sungguh, support system dari rekan-rekan mahasiswa untuk belajar bersama. Kemudian, bagi mahasiswa linkage yang terpenting adalah kuatkan konsep thesisnyaselama di sini sebelum berangkat ke luar negeri atau universitas partner agar tidak ada perubahan lagi. Apabila Anda bisa survive di PPIE FEB UI, maka Anda akan bisa beradaptasi di luar atau di manapun meniti karier,” tutur Rizky Fitria.

Alumni S-2 Reguler PPIE angkatan 2017, Adi Permana menambahkan bahwa kuliah di PPIE FEB UI ini sangatlah berat, karena dibimbing oleh profesor atau dosen yang ahli di bidangnya. Maka, yang terpenting selama menempuh pendidikan di sini ialah kita bisa beradaptasi dan menggunakan sarana-prasarana yang sudah disediakan oleh UI maupun FEB UI dengan semaksimal mungkin, seperti internet, jurnal, dan sebagainya.

PPIE FEB UI mempunyai standar yang baik dan tambahan kompetensi, knowledge, skill yang mempuni. “Untuk studi di sini, kita butuh energi yang luar biasa, kesehatan, semangat, dukungan dari pihak manapun. Selain itu, dosen pengajar maupun staf kependidikan juga sangat baik, membantu dan berpengalaman di bidangnya masing-masing,” tutupnya. (Des)

Penyambutan Mahasiswa Baru Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI di Auditorium Soeria Atmadja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2020 Sistem Informasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia